Selasa, 08 April 2014

1. Pemilihan Tujuan Pementasan


Pemetasan adalah suatu hal yang penting bagi kami, tapi dari proses-proses sebelumnya seringkali kami melakukan suatu hal tanpa adanya tujuan yang jelas hanya menjalankan saja apa yang dipikirkan. Tanpa tujuan yang jelas, tentu hal ini membuat kami kebingungan bagaimana bentuk pentas yang akan disajikan dan terkesan apa adanya.
Tujuan dari pementasan ini merupakan suatu hal penting untuk menyatukan pikiran dari semua tim sehingga terbentuklah suatu pementasan yang jelas dan bagus.




Proses dari pembentukan tujuan ini pertama kami menyatukan usulan-usulan yang ada di kepala semua anggota dengan alasan yang jelas. Kemudian kami mencoba untuk menyeleksinya dengan membayangkan tingkat kesulitan dan ada atau tidaknya naskah yang berhubungan dengan itu.
Banyak usulan-usulan yang masuk. Amung mengusulkan tentang kedudukan orang tua yang sering kali ditelantarkan oleh anaknya, hal tersebut bukan hanya karena anaknya durhaka namun juga banyak yang dikarenakan dari pihak orang tua sendiri yang tidak mau mengganggu kehidupan anaknya. Jeho juga mengusulkan tentang penyalah gunaan lahan oleh masyarakat terutama di daeran desa atau dekat dengan hutan, hal tersebut bukan semata-mata karena masyarakat ingin merusak hutan namun lebih karena masyarakat tidak mempunyai lapangan pekerjaan lain sehingga memilih membuka lahan dengan menebang hutan. Kemudian mas Yoga mengusulkan tentang masyarakat yang sudah memandang hubungan seks diluar nikah adalah suatu hal yang wajar, padahal itu bertentangan dengan norma agama yang ada di lingkungan kita, sehingga banyak terdapat pasangan kumpul kebo dan cerita tentanng seks adalah hal yang biasa. Lalu Yudha mengusulkan tentang paradigma yang terdapat pada masyarakat sebenarnya belum tentu benar, dia mencontohkan seorang yang menngunakan pakaian muslim dan berjenggot cenderung dianggap terroris karena gambaran tentang terroris di media massa selalu begitu. Dan banyak lagi usulan-usulan yang disampaikan anggota.

Dari usulan usulan anggota yang masuk dan relevan kami kerucutkan tujuan dari pementasan ini adalah untuk menyampaikan Ambifalensi/dua sudut pandang yang berbeda dalam masyarakat, tentang anggapan benar atau salah dengan menunjukan dua dua sudut pandang dari dua belah pihak